15.4.09

Chicken Soup



Kalau diartikan secara letter lux artinya adalah sop ayam, tapi yang saya maksudkan bukan itu, pokok'e ini bukan tentang makanan. Ini adalah Judul Buku ato lebih tepatnya tema cerita.

Chicken Soup, merupakan kumpulan cerpen (Cerita pendek) tentang kisah nyata. Saya membaca Chicken Soup yang pertama tahun 2002, buku itu pemberian adik sebagai hadiah ulang tahun. Serinya adalah Chicken Soup for Single Woman Soul. Mungkin pada saat membeli buku ini, maksudnya agar setelah saya membacanya mendapatkan semangat dalam menjalani hidup dengan status masih single di usia yang tidak muda. Ya..karena kulture di sini akan memandang aneh pada seorang gadis dengan status single di usia yang tidak muda (up 30 y.o).
Sejak Chicken Soup saya yang pertama, setiap pergi ke bookstore, saya selalu melihat seri2 Chicken Soup, bukan untuk membeli lhoh...karena bagi saya harganya lumayan mahal, dan akhirnya saya hanya nunut membaca, itupun saya pilih judul2 yang menarik dari daftar isinya.
Yang membuat saya ketagihan membaca seri ini, adalah semangat dari tokoh-tokoh subject cerita. Kalo kebetulan jalan ceritanya mirip dengan yang saya alami, timbul rasa dan keinginan untuk bisa berbuat seperti si tokoh tersebut. Hingga saat ini meskipun saya sudah menikah dan mempunyai satu putra, kebiasaan nunut membaca seri chicken soup, tak pernah hilang. Kalo saat ini alasannya bukan tidak mampu beli tapi kesempatan untuk membacanya itu lhoh...yang tidak memungkinkan, karena dirumah full time untuk Mas Bintang, putraku. Halah...alasan aja neeh.
Untuk versi Indonesia sepertinya ada juga tapi bukan seri Chicken Soup, ya...hanya kumpulan cerpen yang seri judulnya bisa berbeda2.
Ada juga tanyangan live disalah satu TV yang mengangkat kisah-kisah nyata, bahkan sang pelaku kisah tersebut didatangkan ke studio TV tersebut. Banyak diantara penonton dan pemirsa menjadi terharu dan timbul rasa empati terhadap sang tokoh. Tanyangan ini amat menarik karena ada hikmah dibaliknya yang bisa di teladani. Two Thumbs Up untuk Kick Andi.

2 komentar:

  1. Aku dulu jg suka banget baca Chicken Soup, yg paling berkesan yg for single woman itu. Salam kenal yah dari seorang bookaholic! Btw, aku ada Chcken Soup for Unsinkable Soul bekas yg mau aku jual. Brminat?

    BalasHapus
  2. Trims untuk coment mba' Fanda, n salam kenal juga.

    BalasHapus

Trims untuk Komentar Anda ....